HomeHandiCarftArt Shop TasikmalayaSebanyak 504 UKM Tasik Tercatat Masih Eksis Produksi Alas Kaki
kelom geulis ukm tasik

Sebanyak 504 UKM Tasik Tercatat Masih Eksis Produksi Alas Kaki

Share
Sebanyak 504 UKM Tasik Tercatat Masih Eksis Produksi Alas Kaki
Sebanyak 504 UKM Tasik Tercatat Masih Eksis Produksi Alas Kaki
Alas kaki produksi UKM di Tasikmalaya. Fajar Sukma/AyoBandung
TASIK, AYOBANDUNG.COM — Sebanyak 504 unit UKM tercatat Dinas Koperasi UMKM Peridustrian dan Perdagangan masih aktif tekuni industri alas kaki. Industri tersebut mampu menyerap tenaga kerja sekitar 5.924 orang dan menciptakan hasil produksi sekitar Rp 396 Milyar lebih.

Bila industri bordir lebih banyak menyerap tenaga kerja wanita, maka industri alas kaki didominasi oleh kaum pria. Sebuah tugas yang mencerminkan kesetaraan gender.

Untuk urusan alas kaki, orang Tasik memang ahlinya. Sumber daya alam sebagai bahan baku melimpah menjadi sumber inspirasi. Aneka tanaman industri seperti kayu albasiah, kayu kisampang dan kayu mahoni dapat diperoleh dengan mudah disekitar wilayah Kota Tasikmalaya.

Berdasarkan catatan, pada mulanya alas kaki yang dihasilkan adalah produk rumahan yang hanya memenuhi kebutuhan setempat. Namun, pada perkembangannya produk alas kaki made in Tasik banyak dilirik karena unik. Salah satunya yang terkenal adalah kelom geulis.

Bahkan, keunikan produk alas kaki made in Tasik juga telah menarik minat konsumen mancanegara. Seperti Malaysia, Singapura, Jepang dan lain-lain.

Kini alas kaki juga jadi salah satu komoditi ekspor andalan kota Tasik. Sayangnya, untuk memenuhi permintaan ekspor ini para pengusaha masih bergelut dengan modal, keterbatasan teknologi, dan inovasi produk.